Beranda Mataram Hanya Tercatat Tiga Orang

Hanya Tercatat Tiga Orang

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA KTP WNA: Haswin, Kabid Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Mataram menunjukkan salah satu KTP milik WNA

MATARAM—Jumlah pekerja asing yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram, hanya tiga orang. “Yang terdata hanya tiga orang. Bekerja sebagai guru dan di finance,” kata Kepala Disnaker Kota Mataram, H Saeful Mukmim, kemarin.
Sejauh ini, kata dia, para pekerja asing ini memiliki kualifikasi dan klasifikasi baik. Terhadap keberadaan pekerja asing, Disnaker tetap berkoordinasi dengan lintas instansi terkait tentang ada tidaknya warga asing di Kota Mataram. “Kita ada pengawas, dan tetap komunikasi dengan perusahaan yang ada pekerja asing,” imbuhnya.
Sebelumnya, Kabid Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Mataram, Haswin mengatakan, keberadaan warga negara asing (WNA) diawasi dengan pemberian Kartu ldentitas Sementara (KITAS), dan Kartu Identitas Tetap (KITAP). Bagi orang asing pemegang KITAS, Dukcapil mengeluarkan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT). “Bagi orang asing pemegang KITAP, Dukcapil bisa memberikan Kartu Keluarga (KK), dan KTP,” katanya.
Sepanjang tahun 2017, kata dia, sebanyak 40 orang asing diberikan SKTT. WNA tersebut berada di Kota Mataram untuk kepentingan bekerja maupun menikah. “Jumlahnya semakin banyak berkat koordinasi kita yang baik dengan Imigrasi. Karena, orang asing harus punya dokumen kependudukan,” jelasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here