Beranda Lombok Timur Hanya Pantau Arus Lalin

Hanya Pantau Arus Lalin

BERBAGI
CCTV

LOTIM – Pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah tempat, sudah dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Timur. Salah satunya, di simpang empat Taman Rinjani Selong, pelabuhan dan beberapa titik lainnya. Namun karena keterbatasan daya tampung CCTV, sehingga hanya difungsikan untuk pemantauan arus lalulintas saja.
“Kami sangat terbantu dengan adanya CCTV itu, ”kata Kasat Lantas Polres Lotim, AKP I Made Hendra SI, kepada Radar Mandalika, kemarin.
Karena keterbatasan itu, Satlantas tidak bisa melakukan penindakan secara langsung. Jika nantinya sudah tersistem Elektronik Registrasi dan Identifikasi (E-Regiden) atau disebut dengan ERI, maka penindakan tilang langsung ke alamat tujuan. Data pelanggar tersebut, tinggal dicari pada database Samsat.
“Kalau semua sudah terkoneksi, pengendara tidak bisa main-main dalam berkendara,” ujar Hendra seraya mengatakan, sistem ERI baru diterapkan di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa kota besar lainnya.
Semua kebutuhan perangkat, sudah disiapkan di Samsat Provinsi NTB. Hanya saja, masih terkendala dengan integarasi data, belum terkoneksinya jaringan khusus, dan lainnya. Kendala lain, jual beli motor oleh masyarakat kemudian belum melakukan balik nama.
Terhadap kesiapan jaringan khusus itu, sedang dipersiapkan Telkom. Jika sistem ERI ini sudah diterapkan, maka bisa online se Indonesia. “CCTV ini penting, bukan sekadar memantau arus, Lakalantas saja. akan tetapi, bisa memantau jika terjadi Curanmor dan sebagainya,” tegasnya.
Lantas bagaimana dengan Lotim sendiri? Pengadaan CCTV baru belum bisa dilakukan. Untuk pengadaan CCTV untuk wilayah Lotim diharapkan ada keterlibatan atau partisipasi Pemerintah Daerah (Pemda), guna membantu Satlantas. Apalagi, jumlah penduduk Lotim cukup tinggi ditambah dengan wilayah cukup luas.
Kalau saja Satlantas diback up penuh Pemda, pengawasan terhadap seluruh aktivitas masyarakat, bisa dimaksimalkan. Sehingga, masyarakat aman dan nyaman tanpa ada gangguan. Keberadaan CCTV juga bisa membantu Pemda untuk melakukan kontrol, dan masyarakat pun bisa terbantu. “Pemerintah sangat kami harapkan bisa hadir. Jangan karena alasan SDM dan anggaran menjadi halangan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. Manakala ada jambret, kecelakaan, kehadiran CCTV akan sangat membantu,” pungkasnya seraya mengaku akan mencoba membangun komunikasi dengan Pemda, soal pengadaan CCTV ini. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here