Beranda Pendidikan Forum Mata Bukan Menyaingi MKKS

Forum Mata Bukan Menyaingi MKKS

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA GOTONG ROYONG: Sejumlah siswa membantu pembangunan lapangan basket sekolah, belum lama ini.

PRAYA – Keberadaan Forum Kepala Sekolah Swasta (Mata) Loteng, dipastikan tidak melangkahi tugas pokok maupun fungsi (tupoksi) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP. Ketua Forum Mata Loteng, Darmawadi mengatakan, pihaknya mulai menjalin sinergi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng dalam memberikan rekomendasi pendirian lembaga pendidikan baru. Hingga rekomendasi seputar sekolah mana saja yang berhak mendapatkan bantuan rehab serta ruang kelas baru (RKB).

“Keberadaan kami bukan ingin menyaingi MKKS. Tapi, turut membantu untuk berkoordinasi dengan sekolah swasta. Khususnya yang SMP,” terang Darmawadi, belum lama ini.

Ia menyatakan, Forum Mata Loteng dibentuk guna bersama-sama memecahkan masalah. Serta membantu Disdik Loteng ketika suatu lembaga pendidikan baru mengajukan izin pendirian. Forum Mata meminta Disdik mempertimbangkan pemberian izin tersebut.

“Jangan sampai jarak anatar SD atau SMP dengan sekolah lainnya berdekatan. Padahal sekolah itu minim jumlah muridnya,” katanya.

Pihaknya juga ingin suatu lembaga pendidikan bisa berkembang tanpa ada embel-embel persaingan dalam memperebutkan siswa. Jika pola ini diberlakukan, maka sekolah tidak akan menjamur di Loteng. Apalagi pendiriannya seolah dipaksakan.

Terpisah, Ketua MKKS SMP Loteng H Mahruf memberikan apresiasi atas keberadaan Forum Mata Loteng. Menurutnya, Forum Matar bisa berperan dalam menciptakan pendidikan yang baik di Loteng.

Dari sisi tupoksi MKKS SMP, tidak pernah merekomendasikan ke Disdik Loteng perihal suatu lembaga dikatakan layak atau tidak. Begitu juga ketika ada bantuan pemerintah berupa pengadaan sarana prasarana (sarpras), MKKS tidak pernah mengusulkan sekolah mana saja yang berhak dibantu.

“Bahkan, pengurus MKKS saja ada yang tidak dapat bantuan dari pemerintah untuk rehab dan RKB,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, peran Forum Mata Loteng dipandang positif. Layaknya MKKS SMA yang memberikan rekomendasi ke Dinas Pendidikan terkait sejumlah sekolah yang belum dapat Bantuan Pemerintah (Baper). “Alhamdulillah kalau ada Forum Mata. Sehingga eksistensinya memberi arti lebih demi kemajuan dunia pendidikan di Loteng,” tutupnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here