Beranda Praya Metro FKD Desak Kades Selesaikan APBDes

FKD Desak Kades Selesaikan APBDes

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Sahim

 

PRAYA — Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Lombok Tengah, Sahim mendesak agar para kepala desa yang masih belum menuntaskan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk segera diselsaikan.
“Kalau APBDes ini tidak selesai, maka tidak ada pencairan dana bagi desa bersangkutan. Kita menyerukan kepada seluruh desa yang belum menuntaskan APBDes untuk segera,” kata Sahim di halaman Kantor Bupati Loteng, kemarin.

Sahim menegaskan, memang sudah ada desa yang menuntaskan APBDes dan sudah diproses untuk pencairannya anggaran. Namun terhadap desa yang belum pihaknya belum mengetahui kendalanya.  Tapi yang jelas mereka semua sedang melakukan penyusunan.

“Ada beberapa desa yang sudah cair.  Salah satunya Desa Nyerot,” ungkapnya.

Sahim menegaskan, semua desa sudah diberikan pembinaan dan pelatihan terkait penyusunan APBDes oleh pemerintah. Hal itu bertujuan untuk mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala dan permasalahan di lapangan, sehingga penyusunan APBDes ini tidak terhambat. “Saya berharap dalam bulan ini, semua desa sudah harus selesai dan diserahkan ke DPMD,” harapnya.

Disinggung soal dana yang sudah cair. Sahim mengatakan, baru untuk gaji aparatur desa saja. Sedangkan untuk lainya, akan menyusul.  Untuk prioritas program yang dikerjakan tahun ini, masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni pemberdayaan dengan infrastruktur lingkungan warga.

“Kami masih terus melakukan pembenahan di lingkungan,” bebernya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Janapria, M Nasir mengatakan hingga sekarang ADD maupun DD belum cair. Semua itu dikarenakan pihaknya dalam tahap menyelesaikan laporan APBDes.

“Kami sedang menuntaskan laporan,” kata Nasir.

Dampak belum cairnya dana tersebut, semua pembangunan program di desa masih belum dimulai.  Selain itu, hingga sekarang aparatur desa masih banyak yang belum menerima gaji.

Nasir menyampaikan, bahwa permasalahan yang terjadi di desa sehingga sampai dengan saat ini, ada yang belum menyelesaikan APBDes. Karena memang seringnya ada regulasi yang sebentar- sebentar berubah.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng,  Jalalludin meminta Kades agar segera merampungkan RAPBDes. Pasalnya hingga akhir ini, desa yang menyelesaikan RAPBDes nya hanya 26 desa.

“Untuk itu, saya mohon kepada masing- masing desa yang belum menyelesaikan itu,” kata Jalal.(jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here