Beranda Headline SMK Anak Bangsa Diajarkan Ilmu Jurnalistik

SMK Anak Bangsa Diajarkan Ilmu Jurnalistik

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA BERBAGI ILMU: Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Mandalika bersama guru dan sejumlah murid SMK Anak Bangsa foto bersama di sela-sela pelatihan, kemarin.

 

PRAYA – Program Radar Mandalika Goes to School kembali dilanjutkan. Kali ini, giliran SMK Anak Bangsa yang berada di Jontlak, Kecamatan Praya Tengah disambangi Radar Mandalika.

Pemimpin Redaksi Radar Mandalik, Diki Wahyudi mengatakan, berbagi ilmu jurnalistik ke pelajar bukan hal yang baru. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya program ini sempat digencarkan ke sejumlah sekolah dan madrasah di Loteng. “Program ini bagus guna mengenalkan proses kerja jurnalistik mulai dari mengumpulkan isu pemberitaan, liputan, editing, hingga cetak,” terang Diki di hadapan siswa.

Ia menyampaikan, bekal dunia jurnalistik yang dikaitkan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) cukup besar fungsinya. Dengan dasar-dasar ilmu jurnalistik, peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika tidak paham dengan pelajaran di kelas, murid bisa bertanya ke guru. “Demikian juga jika wartawan tidak paham sesuatu. Maka, dia bertanya ke narasumber. Jadi ilmu jurnalistik bisa dipakai dalam KBM di kelas,” ujarnya.

Diki mengajak para siswa lebih mengasah kepekaan sosial, dan mengetahui kejadian di luar lingkungan sekolah dengan banyak membaca. “Usia anak SMK merupakan pembaca pemula. Mereka bakal terus mengakses informasi ke depannya lantaran kedewasaannya. Kami harap info yang ada bisa difilter dan disaring. Serta mencari media yang kredibel,” tandasnya.

Di tempat sama, Kepala SMK Anak Bangsa, Sahrijal Fahlawi menekankan ke para siswanya agar terus memahami problematika di luar lingkungan sekolah dengan banyak membaca. Khususnya informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik. “Jurnalistik dalam arti luas banyak manfaatnya. Program Radar Mandalika Goes to School sejak lama kami nantikan,” tandasnya. (fiz/r3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here