Beranda Praya Metro Pemkab Bakal Berlakukan e-Kinerja

Pemkab Bakal Berlakukan e-Kinerja

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA HM Nursiah

Tunjangan Diberikan Sesuai Kinerja

PRAYA — Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, HM Nursiah bakal menerapkan terobosan barunya di lingkup Pemkab Loteng. Terobosan itu diberikan nama sistem e- Kinerja yang diperuntukan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).  Tujuan diterapkan agar ke depan para ASN bisa dinilai kinerjanya untuk bisa menentukan besaran tunjangan yang mereka dapatkan.

Nursiah mengatakan, program e-Kinerja merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang akan digunakan oleh Pemkab untuk mengelola dan menilai kinerja ASN. Artinya, dengan sistem itu semua kegiatan ASN setiap harinya akan terdaftar dan akan dijadikan sebagai acuan.

“Dengan diberlakukanya e-kinerja ini maka tunjangan yang didapatkan oleh ASN tergantung dari kinerjanya,” terang Nursiah di ruang kerjanya, kemarin.

Nursiah mengaku, nantinya dalam aplikasi tersebut para ASN wajib melaporkan setiap kegiatan yang dikerjakan dalam satu hari kerja. Dimana, kegiatan yang dilaporkan oleh ASN berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan jabatan yang ada.

“Misalkan selesai apel ada penyambutan tamu, maka itu harus dilaporkan juga karena itu akan menjadi poin,” katanya.

Nantinya, e-kinerja ini di setiap instansi akan ada operator yang menghendel hal itu, sehingga nantinya terdapat auditor yang akan memerikasa apakah yang dilaporkan itu sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai ASN.

“Misalkan kalau di humas ada yang mengambil gambar saat ada kunker, maka hal itu yang menjadi laporan, jadi tidak semua laporan yang akan menjadi poin, harus sesuai dengan bidang masing- masing,” jelasnya.

Ditambahkanya, saat ini pihaknya sedang proses di Badan Kepegawaian untuk penerapan tersebut, kendati diakui memang jika penerapan itu sudah dilakukan oleh daerah lain, namun pihaknya mengaku jika dengan adanya aplikasi itu nantinya membuat kinerja ASN bisa lebih baik lagi.

“Ada daerah lain yang sudah menerapkan,” akunya.

Program ini, selain sebagai acuan dalam memberikan tunjangan kepada para ASN, namun secara tidak langsung akan memberikan semangat kepada mereka untuk tetap bekerja maksimal. Karena dalam program itu juga nantinya, mereka bisa melihat kinerja yang dilakukan masing- masing ASN atau bagian selama sebulan itu.(jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here