Beranda Ekonomi Salah satu kerajinan UMKM yang kini mulai memafaatkan teknologi digital.

    Salah satu kerajinan UMKM yang kini mulai memafaatkan teknologi digital.

    BERBAGI
    UMKM

    Tele  Shop Siap Gandeng 100Ribu Sobate-UMKM

    JAKARTA – PT Tele Utama Nusantara (TUN) siap membantu kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha secara cepat, efektif, dan efisien melalu ipemanfaatan ekonomi digital.

    TUN menawarkan TeleShop, sebuah layanan yang akan mendigitalisasikan pelaku UMKM di Indonesia sehingga bisa mengakses ekonomi digital secara optimal.

    “Dengan layanan TeleShop, UMKM siap beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM elektronik. TeleShop menawarkan sebuah solusi berbasis teknologi (SOBATE). UMKM yang menjadi mitra TeleShop disebut sebagai Sobate-TeleShop ,” ujar CEO TUN Slamet Riyadi.

    TeleShop adalah platform berbasis aplikasi android yang sangat mudah dioperasionalkan. Sejumlah kebutuhan konsumen bisa dilayani TeleShop, termasuk kebutuhan rutin seperti pembayaran listrik (dan token listrik), PDAM, Telepon, Leasing, pay-tv, dan lain-lain.

    Kedepan, TeleShop akan dikembangkan  kelebihbanyak merchant sesuai dengan rencananya menjadi merchant aggregator. Layanan melalui TeleShop juga dapat dilakukan secara cepat, selama 24 jam dalam tujuh hari.

    Saat ini terdapat 25 ribu mitra UMKM pengguna TeleShop di Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Kedepan, TeleShop terus memperkuat ekosistem digitalnya dengan menyasarsektor UMKM yang selama ini belum terjamah kalangan perbankan.

    Dengan modal awal yang relatifcukupkecil, minimal deposit Rp 250 ribu, UMKM mitra TeleShop sudah bisa melayani transaksi. Setiap saat, UMKM mitra TeleShop dapat selalu mengetahui  sisa saldo mereka.

    Pemanfaatan layanan TeleShop diyakini dapat melipatgandakan omset dan labapelaku UMKM.

    “Mereka hanya memerlukan perangkat handphone android.Kami bahkan bisa meminjamkan perangkat itu untuk para mitra kami.Operasionalnya sangat mudah.Mereka tinggal mendaftar, kami akan tanamkan aplikasinya, lalu mereka menyetor deposit tertentu,” ujar dia.

    “Kedepan Teleshop juga akan menyediakan modal pinjaman Peer to Peer landing, untuk meningkatkan modal bagi pelaku UKM,” tutur Slamet.

    TUN menargetkan pertumbuhan Sobate TeleShop mencapai 100 ribu hingga akhir 2018 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.(chi/jpnn/r04)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here