Beranda Pendidikan Perdalam Ilmu Jurnalistik

Perdalam Ilmu Jurnalistik

BERBAGI
ILUSTRASI

 

PRAYA—Senin (12/3), Pimpinan Redaksi Radar Mandalika berkunjung ke SMPN 1 PRAYA, untuk melakukan sosialisasi mengenai Jurnalistik. Sosialisasi diikuti semua pengurus OSIS dan anggota mading SMPN 1 Praya. Kegiatan dimulai pukul 08.30 WITA.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan dunia jurnalistik, menarik minat serta mengembangkan bakat siswa di dunia jurnalistik.

Sosialisasi diawali sambutan Kepala SMPN 1 Praya, Majri SPd MPd. Kemudian dilanjutkan Pimpinan Redaksi Radar Mandalika, Diki Wahyudi. Ia menceritakan pengalamannya sebelum menjadi wartawan hingga sukses seperti saat ini. Pada saat sosialisasi, diadakan pula sesi tanya jawab. Sosialisasi ini membuat rasa penasaran siswa terhadap dunia jurnalistik dan pers terjawab. Kegiatan ini juga memotivasi para siswa untuk lebih semangat di dunia Jurnalistik.

Kegiatan sosialisasi Radar Mandalika diakhiri dengan berfoto bersama di lapangan SMPN 1 Praya. Usai sosialisasi, siswa diharapkan lebih baik lagi, dan lebih bersemangat dalam dunia jurnalistik. Usai sosialisasi, Pimpinan Redaksi Radar Mandalika meminta siswa untuk membuat grup obrolan khusus membahas tentang jurnalistik. Sekaligus menjadi sarana agar siswa bisa tetap bertanya tentang dunia jurnalistik meski kegiatan sosialisasi sudah berakhir.

Di grup itu, siswa juga diminta memberitahukan kejadian menarik apa saja yang sedang terjadi di SMPN 1 Praya. Kemudian bisa dijadikan berita. Siswa juga dapat menyampaikan hasil karya tulisnya untuk dimuat pada Koran Radar Mandalika.

Sukses dan berkesan. Dua kata itulah yang cocok untuk menggambarkan kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini menyadarkan siswa bahwa dalam memperoleh berita harus sesuai fakta, dan tidak boleh direkayasa, Karena hal itu melanggar kode etik. Menjadi wartawan juga dibutuhkan kerja keras dan semangat.(nisa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here