Beranda Ekonomi Pengangguran di Mataram Masih 12 Ribu

    Pengangguran di Mataram Masih 12 Ribu

    BERBAGI
    ILUSTRASI

    MATARAM—Di balik pesatnya pembangunan di Kota Mataram, ternyata belum sepenuhnya mampu mengurangi angka pengangguran. Data terbaru Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertans) Kota Mataram, jumlah pengangguran sudah mencapai 12 ribu orang.

    Kepala Disnaker Kota Mataram, H Saeful Mukmim tak menampik bertambahnya angka pengangguran. “Itu dari tamatan SMK, MA dan perguruan tinggi (PT). Namanya orang hidup ya bertambah, ada yang tamat sekolah dan lulus kuliah. Itu hukum alam,” ujarnya.

    Sebagai salah satu cara mengatasi pengangguran, Disnakertrans Kota Mataram kembali menggelar job fair mulai besok (10/3) hingga 11 Maret. “Terdaftar 27 perusahaan yang akan berpartisipasi, dengan tenaga kerja yang dicari mencapai 1.361 orang,” katanya.

    Perusahaan yang siap membuak lowongan, lanjut Saeful, terdiri dari perusahaan nasional, lembaga keuangan hingga ritel modern. Targetnya, bisa terserap 30 persen pencari kerja melalui job fair ini.

    Namun, Saeful tak bisa menjamin pencari kerja yang bisa terakomodir hanya dari warga Kota Mataram. Sebab, perusahaan memiliki kriteria sesuai skil dan keterampilan yang dibutuhkan. Apalagi, job fair ini terbuka untuk umum. Bukan hanya warga Mataram saja yang boleh melamar.

    Ditambahkan, sosialisasi telah dilakukan ke masing-masing kecamatan tentang adanya job fair ini. Selain juga sosialisasi lewat pemasangan baliho.

    Terpisah, Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito mengakui, bertambahnya angka pengangguran juga dipicu terhambatnya investasi karena molornya penetapan revisi Perda RTRW. Selain Mataram juga dianggap tempat menjanjikan untuk mencari pekerjaan oleh para pendatang. “Faktor urbanisasi sangat mempegaruhi. Nanti bisa terbantu dengan adanya job fair, dan masuknya investasi,” ungkapnya. (rin)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here