Beranda Headline Masih Ada Warga Belum Dicoklit

Masih Ada Warga Belum Dicoklit

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Muh Saleh

LOTIM – Meski Pencocokan dan Penelitian (Coklit) sudah selesai dilakukan, informasi diterimanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim), masih ada warga yang belum dicoklit. Yakni di Kompi Bantuan (Kompiban) TNI di Pringgabaya Lotim, petugas belum bisa masuk melakukan pendataan pemilih, terhadap para istri dan anak yang memiliki hak pilih. Lantaran tidak diberikan izin oleh penjaga camp. Mengingat, jumlah KK dalam Kompiban ini hingga 100 KK.

Alasan petugas tidak diizinkan masuk ke dalam Kompi, karena di dalam hanya ada kaum perempuan. Sementara para suaminya sedang bertugas. “Kami sudah koordinasi dengan pihak Kompiban dan Panwas, untuk mencari solusinya,” kata Ketua KPU Lotim, Muh Saleh.

“Pada prinsipnya kami sudah koordinasi dengan Panwas. Kalau panwas sudah punya data berupa KK dan KTP, bisa kita masukkan ke dalam rekap data pemilih,” imbuhnya.

Sementara sebanyak 929 ribu data pemilih diturunkan KPU Lotim untuk dilakukan coklit. Sampai saat ini, data pemilih itu masih dalam proses rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hasilnya, belum bisa dipastikan KPU.

Menurut Saleh di kantornya, kemarin, sampai hari ini coklit data pemilih masih dalam proses rekapitulasi di tingkat PPK. Rekapitulasi membutuhkan waktu lama, karena harus melakukan pengecekan data ganda dan sebagainya. “Insya Allah, tanggal 10 atau tanggal 11 Maret dipastikan sudah ada hasil rekapitulasi masuk. Meski belum resmi,” kata Saleh.

Meski KPU menurunkan data awal hingga 929 ribu pemilih, lanjut Saleh, dimungkinkan akan ada penambahan. Jumlah penambahan itu, sampai hari ini belum bisa disampaikan datanya. Dalam penambahan data ini, KPU menyiapkan form A, dan form AA. Form AC untuk masyarakat yang dipastikan tidak memiliki KTP elektronik, namun sudah melakukan perekaman. Jumlah yang belum memiliki e-KTP ini, sebutkan cukup banyak.

“Bagi yang belum melakukan perekaman, ketentuan KPU tetap kita data. Kami berinisatif menyiapkannya form AC, dan akan kita koordinasikan dengan Dukcapil. Mungkin Dukcapil bisa melakukan perekaman,” ujarnya.(fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here