Beranda Headline Kebakaran masih Mengintai

Kebakaran masih Mengintai

BERBAGI
ILUSTRASI

Semua Kantor SKPD Diminta Siapkan Apar

KLU—Keberadaan alat pemadam api ringan (Apar) nampaknya belum ditemukan hampir di semua kantor SKPD di Lombok Utara. Yang sudah memilikinya baru tiga instansi yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).
Kepala Satpol PP dan Damkar Lombok Utara, Ahcmad Dharma mengatakan, sebenarnya pihkanya telah melaksanakan pengecekan kepada seluruh kantor instansi pemerintahan yang ada di Lombok Utara. Pengecekan dimaksudkan guna mengetahui sejauhmana kelengkapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.
“Sekarang kita menurunkan anggota secara bergiliran untuk mengecek kantor-kantor pemerintahan mulai dari SKPD, Camat, SKPD hingga desa. Kita mengecek sejauhmana kesiapan mereka dalam mengantisipasi kebakaran yang tiba-tiba terjadi,” ucapnya.
Sedangkan untuk SKPD lainnya yang belum menyediakan, pihaknya mengimbau agar segera mengadakannya. Sebab kemungkinan kebakaran terjadi sangat besar.
“Jika dari rekomendasi kita berikan tidak dilaksanakan, nanti kami yang mengadakannya pada tahun berikutnya,” janjinya.
Selain itu, pihaknya juga akan memberikan beberapa staf di SKPD itu untuk bagaimana cara menggunakan alat tersebut. Diharapkan ketika terjadi kebakaran mereka lebih cepat melakukan pencegahan tanpa menunggu Damkar. Sebab, pada tahun ini lebih mengkedepankan kesadaran masyarakat dan SKPD harus lebih dahulu memberikan contoh. Kasus kantor yang pernah terjadi, yaitu Kantor Desa Gondang Kecamatan Gangga yang menyebabkan berbagai arsip perkantoran hilang dan mengalami kerugian alat-alat komputer, tentu itu akan menjadi bahan pembelajaran.
“Makanya, kita juga menyasar desa-desa supaya rekomendasi kita berikan nanti bisa ditindaklanjuti. Kita harapkan semua perkantoran sudah bisa dicek tahun ini,” harapnya.
Untuk diketahui juga, jumlah kasus kebakaran sejak awal tahun 2018 mencapai empat kasus. Selain Kantor Desa Gondang, tiga kasus lainnya yakni tiga dapur milik warga berlokasi di Dusun Kandang Kaoq Desa Tanjung Kecamatan, Dusun Lendang Desa Gondang Kecamatan Gangga, Dusun Menggala Desa Pemenang Barat, dan Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here