Beranda Headline Selamat Bertugas Kwarcab Loteng

Selamat Bertugas Kwarcab Loteng

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA KOMPAK: Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Loteng, L Pathul Bahri saat melantik pengurus Kwarcab Loteng masa bakti 2018-2020 di Bencingah Adiguna Loteng, kemarin.

PRAYA – Kepengurusan baru Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lombok Tengah (Loteng), kini dikomandoi H Sumum yang juga Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng. Pelantikan kepengurusan baru Kwarcab Loteng dilakukan kemarin, di Bencingah Adiguna Loteng.

Sumum mengatakan, tantangan bagi gerakan pramuka saat ini tidaklah mudah. Persaingan antar daerah dalam kegiatan pramuka kian ketat. “Sehingga kita di Loteng harus terus berbenah,² katanya di hadapan pengurus pramuka Loteng dan Majelis Pembimbing Gugus di masing-masing kecamatan, kemarin.

Kegiatan pramuka bukan hanya terletak pada kemampuan baris berbaris, kemah, dan kegiatan belajar mengajar (KBM) di luar aktifitas KBM pada umumnya. Namun, bagaimana pramuka bisa membawa nilai-nilai yang bisa membentuk pendidikan karakter bagi peserta didik.

²Kepramukaan mengajarkan saling tolong menolong, peduli, mencintai Tuhan dan alam ciptaan-Nya,² bebernya.

Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Loteng, L Pathul Bahri juga berharap, gaung kegiatan kepramukaan di Loteng semakin disuarakan. Sehingga, hasil dari program yang dibuat pengurus Kwarcab Loteng yang baru dilantik ini bisa dirasakan.

Lebih jauh ia mengatakan, kemajuan pariwisata seperti keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Poltekpar, sirkuit internasional, Pasar Jelojok, hingga penataan areal wisata di Loteng membuat daerah kian maju. Namun di sisi lain, budaya dari luar mau tidak mau bakal masuk.

²Pendidikan pramuka menjadi salah satu penangkal dari beragam paham yang tidak selaras dengan budaya yang menggerogoti nilai budaya dan religius di Pulau Seribu Masjid ini,² ungkapnya.

Ia berharap, Mabigus di masing-masing sekolah dan madrasah harus ambil bagian dalam mendidik peserta didik. Serta menjadikan ekstrakurikuler pramuka tetap menjadi ekstrakurikuler wajib, dan digandrungi murid. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here