Beranda Politik Jelang Debat Kandidat, PC NU Lobar Yakinkan Diri Netral

Jelang Debat Kandidat, PC NU Lobar Yakinkan Diri Netral

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H SULHAN MUCHLIS IBRAHIM

LOBAR—Pengurus Cabang (PC) NU Lombok Barat (Lobar) siap untuk menggelar debat kendidat Paslon Pilkada Lobar. Pihaknya pun memastikan bahwa dalam pelaksanaan debat kandidat tersebut, pihaknya tidak perlu meminta izin kepada pihak PWNU NTB.

Ketua Panitia sekaligus Wakil PBNU Tanpis NU Lobar, H Sulhan Muchlis Ibrahim menyampaikan bahwa pihaknya sebelumnya sudah melakukan rapat pembentukan panitia terkiat hal itu. Termasuk juga mengundang seluruh tim Paslon yang kebetulan menjadi pengurus NU.

“Dan mereka siap menghadirikan kandidatnya masing-masing,” ujar Sulhan.

Menurut pria asal Kediri ini, saat rapat itu pihaknya pun sudah memperoleh izin dari ketua PC NU Lobar dan Sekjen NU Lobar. Selain itu Sekjen NU tersebut menyampaikan untuk setiap kegiatan di PC NU tidak perlu harus ada izin kepada PWNU NTB, sebab tidak ada dalam ketentuan.

“Ini masih proses pembentukan panitia, belum sampai kepada detail teknisnya,” ungkapnya.

Sulhan menjelaskan kegiatan debat kandidat ini dimaksudkan dalam rangka memberikan pencerahan kepada Nahdliyin. Dan ia memastikan bahwa nantinya dalam debat itu tidak ada yang diundang selain anggota NU.

“Jadi tidak ada undangan untuk tim Paslon, tidak ada undangan diluar NU, semua yang hadir mendengarkan itu jamaah NU nantinya,” jelasnya.

Menurutnya wajar jika sebuah organisasi ormas ingin mendengarkan visi misi dari masing-masing calon yang maju dalam Pilkada. Sehingga melalui debat ini ada beberapa hal yang disampaikan kepada masyarakat. Disamping pihaknya mengharapkan hal ini juga menjadi pendidikan politik.

“Nah jamaah-jamaah dan tokoh-tokoh NU ini akan memberikan gambaran, kelebihan para paslon itu. Sehingga masyarakat terbuka juga melihat para paslon, kan ini juga menjadi salah satu penyampaian informasi kepada jamaahnya,” paparnya.

Lebih lanjut disampikan Politisi PKB ini, dengan NU mengundang ketiga Paslon Pilkada Lobar ini menujukan sisi netralitas NU. Dimana tidak berpolitik praktis namun terdapat dimana-mana.

“Itu yang ingin ditunjukan,” imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan netralitas panitia? Sulhan menyampaikan tidak bisa dianggap pengurus NU tidak netral. Sebab ada saja kemungkinan terdapat salah satu pengurus NU yang juga duduk di partai yang juga mengusung salah satu paslon.

“Karena nanti yang dilihat model acaranya itu, misalnya pembawa acaranya kita minta orang di luar Lobar,” terangnya.

Tak sampai di situ isi dari materi debat itu pun tidak dalam konten saling serang antar kandidat. Namun pihaknya akan membarikan suatu gambaran atau permaslahan yang akan ditangapi oleh para paslon untuk mencari solusinya.

“Jadi tanggapan Paslon A, B, C seperti apa? Jadi tidak ada saling serang antara para kandidat, itu sudah kita bicarakan di tingkat teknis,” sambungnya.

Bahkan dirinya mempertanyakan adanya imbauan kepada para kandidat dari Sekjen PWNU NTB untuk tidak menghadiri debat kandidat yang digelar pihaknya. Lantaran Sekjen PWNU mengimbau para calon untuk tidak menghadiri acara NU sendiri.

“Ada apa ini? Kenapa PWNU tidak membuat acara di level Gubernur misalnya. Jangan malah kesannya membatasi ruang kreatifitas terhadap kepenguruasn di bawahnya,” pungkasnya. (cr-win)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here