Beranda Praya Metro Warga Diminta Kerjasama

Warga Diminta Kerjasama

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Lalu Bahrun

PRAYA – Kepala Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), Lalu Bahrun meminta warga agar bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Untuk membangun desa itu, Pemdes dan masyarakat itu harus bekerja sama,” terangnya saat ditemuai di Praya, kemarim.

Dengan bekerja sama atau bersinergi merupakan penting tercapainya program-program yang dijalankan pemerintahan, khususnya di ruang lingkup terkecil pemerintahan desa.  Artinya tidak semua permasalahan hanya bisa diselesaikan di meja hukum.

“Makanya saya juga minta secara aktif masyarakat juga dapat berpartisipasi dan melakukan pengawasan,” pesannya.

Dia mengaku, apalagi, saat ini desa mendapatkan sorotan yang besar. Karena desa sekarang mendapat gelontoran dana desa dari pemerintah pusat yang jumlahnya begitu besar.  Sehingga jika ia bersama-sama untuk mengawasi serta membangun desa pastinya desa itu akan sangat maju. Terlebih desa sekarang semakin transparan. Bukti guna mengantasipasinya, sebagian desa membuat papan pengumuman anggaran disetiap rumah kadus, maupun depan kantor desa.

“Jadi semua anggaran itu nanti akan jelas kemana arahnya,” tegasnya.

Kalau untuk wilayah Desa Ganti sendiri selama ini memang selalu adem ayem, dalam melakukan pembangunan di desa dengan aggaran yang digelontorkan itu, pihaknya selalu melibatkan semua unsur dan paling penting sebelumnya melakukan musywarah.

 

Sementara itu, Kades Belika, Senang Haris mengaku, memang untuk menghindari permasalahan di tengah masyarakat, pemdes harus transparan. Dalam melakukan pekerjaan semu masyarakat harus dilibatkan. Jangan hanya memberikan segelintir orang hanya bekerja disana.  Hal itu bisa membuat permasalahan terjadi.

“Maksud saya, bila melaksanakan program itu, semua masyarakat dan pemdes harus melaksanakan musywarah terlebih dahulu,” tambah dia.(jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here