Beranda Headline Pemkab Segera Berlakukan Sistem Nontunai

Pemkab Segera Berlakukan Sistem Nontunai

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA H Syamsu

PRAYA — Pemerintah Lombok Tengah (Loteng) dalam waktu dekat ini, akan mulai memberlakukan transaksi nontunai untuk pembayaran gaji, uang perjalanan dinas, dan honor muapun lainnya.

“Bulan ini semua SKPM wajib melaksanakan transaksi keuangan secara non tunai untuk setiap pengeluaran maupun penerimaan,” terang Kepala Bank NTB Cabang Praya Loteng, H Syamsu di Pantai Seger, Selasa malam.

Syamsu mengatakan, karena surat ederan sesuai dengan Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1867/SJ tertanggal 17 April tentang Implementasi Transaksi Non tunai pada Pemerintah Kabupaten dan Kota sudah menyebar.  Bahkan ada sebagian kabupaten juga sudah menerapkannya.

Pemberlakuan pola transaksi non tunai di lingkungan pemerintahan daerah ini sebenarnya bukan hanya sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan korupi saja, tetapi tujuan utamanya adalah memperbaiki sistem pengelolaan keuangan daerah.

“ Tapi akan sangat memudahkan para pegawai atau penerima jasa,”  ungkapnya.

Pelayanan non tunai bukan hanya diterapkan pada satu bank saja. Namun di semua bank sudah menerima surat edaran.  Sehingga pihaknya dalam waktu dekat bersama dengan istansi pemerintah terkait akan melaksanan sosiliasi terhadap semua jajaran ASN di wilayah Loteng.

“Untuk penerapan makanisme baru pengelolaan keuangan tersebut telah dilaksanakan sosialisasi soal mekanisme pelaksanaan transaksi non tunai kepada setiap ASN ini,” bebernya

Ia mengungkapkan dengan pola transaksi ini maka pencatatan transaksi menjadi lebih jelas, antara pengirim dengan penerima sehingga dapat memperkuat good governance atau pemerintahan yang baik dan menciptakan transparansi.

Di sisi lainya, transaksi non tunai juga dapat mengetahui potensi dan meningkatkan pendapatan pajak negara dan daerah, memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi tanpa membawa uang tunai, menekan beredarnya jumlah uang palsu dan menekan biaya handling atau pengelolaan uang tunai.

“Keberhasilan pembangunan di daerah tidak terlepas dari aspek pengelolaan keuangan yang dikelola secara tertib,” tegasnya.

Untuk pelayanan sendiri, Bank NTB akan terus berbenah dan menambah pelayanan tidak hanya dengan menambah ATM. Bank NTB juga menyiapkan EDC yang terus ditambah hingga dipasang se-NTB.  “Ini ikhtiar Bank NTB memberikan fasilitas implementasi non tunai,” jelasya.(jay/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here