Beranda Wisata Pemdes Didorong Munculkan Wisata Desa

Pemdes Didorong Munculkan Wisata Desa

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA UNIK: Inilah Pasar Pancingan. Pasar unik ini terletak di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata.

PRAYA—Seluruh Pemdes di Lombok Tengah didorong untuk memunculkan potensi wisata desanya sebagai salah satu sektor unggulan. Dorongan ini muncul karena banyaknya potensi pariwisata yang ada di desa namun masih luput dari sentuhan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lombok Tengah, HL Putria menjelaskan, dengan dana yang dikelola desa saat ini, cukup potensial jika sektor ini dimunculkan di semua desa. Sebab pariwisata, merupakan sektor yang amat menjanjikan jika dikembangkan.

“Kalau desa sudah bergerak, artinya Pemdesnya kreatif dan peka melihat peluang,” ujar Putria.

Untuk diketahui juga, tambah pria asal Ketare ini, dalam rangka percepatan pengembangan pariwisata, semua pihak harus memperhatikan tiga pilar. Pertama mengenai aksesinitas kawasan wisata. Artinya, jika dilakukan di desa, Pemdes terlebih dahulu memperhatikan dan memperbaiki akses infrastruktur menuju kawasan wisata yang dikembangkan. Kemudian selanjutnya, langkah awal Pemdes harus memunculkan antraksi budaya yang menjadi ciri khas desa. Baik antraksi budaya maupun ritual-ritual adatnya. Karena, dirinya yakin setiap desa memiliki ciri khas yang mau ditinjolkan dalam pengembangan pariwisata.

“Saking banyaknya, tidak mungkin semuanya ditonjolkan oleh Pemkab. Makanya kita butuh peran desa juga,” tandasnya.

Hal serupa diungkapkan Camat Praya Barat Daya (Prabarda), Kamarudin. Kata dia, dalam peningkatan kualitas pariwisata atau yang biasa disebut amenitas. Pemdes pun dipersilakan bekerja sama dengan pihak lain yang dirasa bisa maksimal untuk melakukan pengembangan pariwisata yang berkualitas. Nantinya, pihak itu yang memoles kawasan wisata sesuai dengan ciri khas yang ada di desa. Di sisi lain pariwisata desa menjadi penyeimbang pengembangan pariwisata daerah yang sedang menjadi fokus Pemkab.

“Paling tidak, bentuk Pokdarwis di situ. Saya yakin, pariwisata setiap desa akan terlihat. Kalau di Prabarda sendiri, DAM Pengga cocok untuk pengembangan wisata desa,” sarannya. (tar/r2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here