Beranda Praya Metro Montong Terep Programkan Layatan Bersama

Montong Terep Programkan Layatan Bersama

BERBAGI

PRAYA—Kreativitas dan inovasi Pemdes Montong Terep, Kecamatan Praya patut dicontoh. Pasalnya, setiap ada warganya yang meninggal Pemdes setempat memprogramkan layatan bersama.

Kades Montong Terep, H Abdul Majid menceritakan, program ini diprogramkan setelah dirinya dilantik menjadi Kades beberapa waktu lalu. Awalnya program tersebut dilakukan bertahap. Artinya, pada mulanya hanya dirinya yang menjalankan layatan baru kemudian mengajak semua perangkat sekretariat kantor desa hingga diikuti semua kadus di 16 dusun serta pimpinan dan anggota lembaga. Dalam layatan itu pula pihaknya melakukan doa dan zikir bersama. Selain itu memberikan sumbangan berupa gula, beras, air kemasan, dan lainnya yang bersumber dari swadaya Pemdes dan warga. Tidak itu saja, pada malam pertama warga tersebut meninggal, Pemdes juga mengikuti acara zikir bersama di rumah duka.

“Ini juga sebagai bentuk rasa bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan,” tuturnya.

Ditambahkan, program ini dijalankan sebagai wahana Pemdes menjalin silaturrrahmi dengan warga dan meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Sehingga, dengan sendirinya rasa persaudaraan dan kebersamaan bisa terjalin. Selain itu, ke depan program ini juga akan dibarengi dengan program menghadiri pemakaman bersama yang setiap dusun akan dibebankan menghadiri minimal 10 orang.

“Terkait konsep kebersamaan seperti ini, kita akan upayakan lebih banyak lagi. Kan ini program tanpa biaya dari desa dan yang terpenting kebersamaan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua KTI Bodak Sopok, H Jayan Bahtiar mengaku sangat mengapresiasi program Pemdes tersebut. Sebab, secara tidak langsung program seperti ini sangat menyentuh warga. Selain itu, dengan kehadiran Pemdes di rumah warga yang meninggal, warga merasa diperhatikan oleh desa. (tar/r2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here