Beranda Lombok Timur Belum Evaluasi PPK-PPS Untuk Pileg

Belum Evaluasi PPK-PPS Untuk Pileg

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Taharudin

LOTIM – Evaluasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), belum dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim). PPK dan PPS masih pleno rekapitulasi hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, menjadi alasan KPU belum melakukan evaluasi PPK dan PPS, untuk menjadi penyelenggara Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Kita belum lakukan evaluasi, karena masih rekap dan pleno,” tegas Taharudin, Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lotim di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menegaskan, evaluasi PPK dan PPS itu harus melalui proses rapat pleno di jajaran komisioner. Sementara di tingkat komisioner, juga belum melakukan pleno tersebut. Sementara dari hasil evaluasi itu, KPU harus melakukan pengukuhan terhadap PPK dan PPS Pileg. “Selesai kita evaluasi, nanti mereka kita kukuhkan,” tegasnya lagi.

Dalam evaluasi itu, ketua PPK dan PPS akan dievaluasi oleh komisioner. Sedangkan di tataran anggota sistemnya saling menilai satu sama lain dan melalui kuisioner yang dibuat oleh KPU. Berbeda dengan sekretaris PPK dan PPS, bisa dilakukan evaluasi bersamaan, bilamana kinerjanya dianggap kurang baik. “Sebenarnya kita harus bergerak cepat, karena kerja PPK dan PPS untuk Pileg sudah mulai. Bagaimana pun, antara Pilkada dan Pileg itu berurutan,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here