Beranda Headline Pengusulan Berkas TS Sudah Online

Pengusulan Berkas TS Sudah Online

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Bayangkari Sahip

PRAYA – Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah (Loteng) mengingatkan guru yang mengajukan usulan berkas sebagai calon penerima Tunjangan Sertifikasi (TS), jangan gagap teknologi atau gaptek. Sebab, pengajuan berkas kali ini secara online, sehingga harus dipahami seluruh guru.

Kabid Guru dan tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Loteng, Bayangkari Sahip menjelaskan, pihaknya bertugas menerima berkas secara manual. Kemudian menyampaikan ke guru yang bersangkutan perihal beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. ²Boleh guru usulkan berkasnya. Tapi kami sebatas perpanjangan tangan untuk mengecek kelengkapan berkas administrasi sebelum guru bersangkutan mengirim data usulan sertifikasi ke LPMP,² jelasnya.

Bagi guru yang sudah memenui persyaratan administrasi, serta telah mengikuti Pelatihan Profesi Guru (PPG), harus rajin-rajin mengecek akun pribadinya dalam pendataan sertifikasi. Minimal tiga kali dalam sepekan guna melihat hasil pengumuman PPG. “Di sana juga ada informasi lainnya seputar GTK yang akan dikirimkan pihak LPMP,² katanya.

Ia pun menyayangkan ketika ada guru sudah mengikuti PPG atau pre tes, tapi masih saja bertanya ke Disdik Loteng. Padahal, guru tersebut bisa mengecek informasi lulus PPG di akun pribadinya. ²Guru juga harus melek teknologi. Sekarang serba teknologi. Kalau bingung bisa hubungi operator sekolah,² tegasnya.

Saat ini, tugas Disdik Loteng tidak lagi melakukan verifikasi guru untuk mendapatkan TS. Sebab, data dan pendataan masuk secara online di server LPMP. Ia mengaku, sudah sering menyampaikan saat sosialisasi ke guru. Di mana dalam pengisian berkas pengusulan sertifikasi dilakukan secara online.

“Tidak ada lagi kebijakan kami untuk membantu. Jika guru tidak sesuai jadwal mengajar, yakni beban mengajarnya 24 jam dalam sepekan. Maka kami tidak bisa asal merekomendasikan perubahan data,² tegasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here