Beranda Headline Siap-siap, Operasi Keselamatan Dimulai

Siap-siap, Operasi Keselamatan Dimulai

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA PENYEMATAN: Wakapolres Lotim Kompol Wendi Oktariansyah SIK saat menyematkan pita sebagai tanda resminya Operasi Keselamatan 2018 di Mapolres, kemarin

LOTIM – Kepolisian Resort (Polres) Lombok Timur (Lotim), menggelar operasi keselamatan tahun 2018. Selain melibatkan Polri, juga TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan lainnya. Operasi keselamatan ini, bertujuan mewujudkan dan memelihara Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas).

Waka Polres Lotim, Kompol Wendi Oktariansyah SIK dalam arahannya mengatakan, operasi keselamatan ini merupakan operasi rutin setiap tahun. Selain mewujudkan dan memeliharan Kamseltibcar Lantas, juga membangun kualitas pelayanan publik yang lebih baik serta budaya tertib lalu lintas.

“Alhamdulillah, data dan trend pelanggaran lalulintas dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Baik itu menyangkut jumlah tilang, lakalantas, korban jiwa dan lainnya,” kata Wendi.

Lanjut Wendi, beberapa tujuan operasi keselamatan itu tidak bisa ditangani sendiri oleh Polantas. Sinergi antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, serta mencari solusi yang dapat diterima dan dijalankan semua pihak. “Pemerintah juga bertanggungjawab dalam menciptakan kondisi yang dinamis demi terpeliharanya Kamseltibcar Lantas ini,” tandasnya.

Beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran prioritas dalam operasi kali ini, antara lain pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya Lakalantas. Seperti melawan arah khususnya roda dua, menggunakan handphone waktu mengemudi, berboncengan lebih dari satu, dan berkendara belum cukup umur. Penegakan hukum dalam setiap pelangggaran terhadap beberapa sasaran prioritas tersebut, adalah berupa peneguran.

Dari prioritas sasaran operasi itu, ia berharap disiplin masyarakat dalam berlalulintas meningkat. Pelanggaran dan lakalantas menurun, menurunnya tingkat fatalitas korban lakantas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, serta terwujudnya situasi Kamseltibcar Lantas menjelang pelaksanaan Pilkada di Lotim.

“Mudah-mudahan operasi keselamatan tahun ini berjalan aman dan lancar, serta apa yang menjadi tujuan dari operasi ini terwujud,” pungkas Wendi. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here