Beranda Wisata Grand Final Pemilihan Putri Mandalika 2018 Dihelat

Grand Final Pemilihan Putri Mandalika 2018 Dihelat

BERBAGI
PARADE: Alumni Putri Mandalika yang dihadirkan pada kegiatan.

LOMBOK TENGAH-Pemilihan Putri Mandalika sebagai agenda rutin pada Festival Bulan Pesona Bau Nyale sudah berakhir. Malan puncak atau grand final pemilihan Putri Mandalika dilaksanakan Sabtu (3/3) malam lalu. Malam penganugerahan ajang bergengsi yang diikuti ratusan wanita cantik yang dimiliki Lombok Tengah digelar di Becingah Adiguna Praya.

Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Kapolres Lombok Tengah, Ketua TP PKK Lombok Tengah serta jajaran Forkompinda Lombok Tengah. Selain itu, kegaitan juga turut dihadiri oleh Jegeg Bagus Provinsi Bali dan Putri Indonesia NTB 2013 yang turut menjadi juri pada kegiatan itu.

Ketua Paguyuban Putri Mandalika, Ahmad Irfani menuturkan, pemilihan Putri Mandalika selalu mendapatkan sambutan positif. Terutama bagi kaum muda. Sehingga tahun ini, peserta yang terjaring tembus angka 275. Dimana keseluruhan peserta ini kemudian diaudisi di tingkat kabupaten menjadi 100 peserta.

Sebelum menuju grand final, peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan selama dua hari. Seperti pengingkatan wawasan hingga pengetahuan tentang budaya dan pariwisata. Mengingat yang terpilih nantinya akan menjadi duta pariwisata Lombok Tengah. Sehingga wawasan dan pengetahuan tentang budaya dan pariwisata harus dikuasai. “Duta ini nanti akan mempromosikan pariwisata bahkan ke luar daerah hingga mancanegara,” ujarnya.

Selain kecantikan, kecerdasan dan wawasan juga menjadi penentu. Karena yang menjadi penilaian dewan juri nantinya menyangkut Brain, Behavior, Beauty. Dimana kecerdasan otak serta wawasan yang luas, dipadu dengan tingkah laku serta kecantikan yang akan terpilih menjadi Putri Mandalika. “Itu criteria yang kami cari pada pemilihan ini,” ujarnya.

Setelah melalui fase penjurian, terpilih 10 finalis yang beruntung dari total 16 finalis yang tersisa. Dimana dari 10 finalis tersebut nantinya akan dipilih enam finalis mewakili masing-masing kategori. Diantaranya, Putri Mandalika 2018, Putri Mandalika Wakil I, Putri Pariwisata, Putri Favorit, Putri Fotogenic dan Putri Berbakat. Sedangkan penobatan akan dilakukan pada malam puncak perayaan Bau Nyale Selasa (6/3) mendatang di Pantai Seger, Kuta. “Dari hasil penjurian kami sudah mengantongi nama-nama pemenang. Tapi akan diumumkan pada malam puncak,” ujarnya.

Sementara, penjurian sendiri dilakukan dengan objektif dan transparan. Dimana masing-masing peserta dites dengan berbagai macam pertanyaan seputar wawasan dan kepribadian. Sehingga finalis yang terpilih benar-benar memiliki kemapuan yang bisa diandalkan.

Sementara itu, Sekda Lombok Tengah, HM Nursiah menuturkan, pelaksanaan Bau Nyale tahun ini sudah menjadi event nasional. Menjadi salah satu dari 100 eventWonderfull Indonesia yang menjadi agenda kementerian pariwisata. Atas penetapan status itu, lanjut Sekda, maka sebagai masyarakat Lombpk Tengah patut bersyukur. Karena event Bau Nyale sebagai ikon Lombok Tengah untuk kemajuan pariwisata. “Tidak hanya dihadiri masyarakat Lombok Tengah saja, tapi dari berbagai negara. Artinya akan banyak mendapatkan banyak manfaat,” ungkapnya saat membuka malam grand final pemilihan Putri Mandalika Sabtu (3/3) malam lalu di Becingah Adiguna Praya.

Ditambahkan, Bau Nyale diselenggarakan selama sebulan penuh. Dan sudah di mulai sejak Februari lalu. Dimana berbagai macam agenda yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perayaan Festival Bulan Pesona Bau Nyale 2018. Seperti  Parade Budaya yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat Lombok Tengah. Tahun ini dengan tampilan berbeda dari tahun sebelumnya. Baik itu dari segi kemasan pakaian dan lainnya. Dimana sudah disiapkan dengan kostum khusus yang layak untuk dikagumi. “Mari meriahkan segala kegiatan Bau Nyale,” ajak Sekda.

Sementara itu, untuk finalis Putri Mandalika, Sekda menuturkan, kegiatan ini merupakan momentum berharga untuk membangun diri dan kemampuan. Mengingat penilaian tidak hanya dinilai dari segi cantik dan rupawan saja.  Namun lebih luas tentu harus ada intelegensi tinggi yang dimiliki. Selain itu, finalis juga harus memiliki nilai perilaku serta ahlak yang baik. “Setelah terpilih, nantinya akan banyak hal yang harus dilakukan. Terutama untuk memberi manfaat,” ungkapnya.

Selain itu, pemilihan ini merupakan awal yang baik untuk menciptakan publicrelation atau ikon yang bisa membawa dan mempromosikan pariwisata. Pathul berharap, Putri Mandalika terpilih mampu mengemban amanah dan tugasnya. Sehingga membawa dan mempromosikan Pariwisata Lombok Tengah hingga ke seluruh dunia. “Bagi yang terpilih bisa menjadi andalan Lombok Tengah untuk mempromosikan pariwisata,” harapnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here