Beranda Pendidikan Hafal Juz 30 Bisa Ikut Ujian

Hafal Juz 30 Bisa Ikut Ujian

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Iskandar

 

PRAYA–MTsN 6 Loteng masih menunggu Kanwil Kemenag NTB memberikan kode Satuan Kerja (Satker). Sehingga, MTs negeri ini memiliki anggaran yang bisa dikelola secara mandiri melalui DIPA. Meski begitu, madrasah ini tak patah semangat menggiatkan program akademik dan non akademik agar para siswanya terus berprestasi.

Kepala MTsN 6 Loteng, Iskandar mengatakan, salah satu program yang dijalankan adalah mewajibkan siswa-siswi menghafal Alquran juz 30. Itu  sebagai syarat kelas IX bisa mendapatkan nomor jelang Ujian Nasional (UN). ²Kita pilih juz ini meski murid tidak sadar manfaatnya. Tapi lima sampai 10 tahun ke depan pasti  mereka tahu. Karena alumni bisa jadi imam salat di masjid,” katanya.

Ditambahkan, melalui program ini sekaligus memberikan motivasi ke anak didik. Bahwa dengan menghafal Alquran sebagai satu jalan membebaskan 10 keluarga terdekat di akherat. ²Itu motivasi kita untuk menghafal,² ungkapnya.

Dengan kondisi madrasah yang masih merintis usai berstatus negeri, ia ingin menunjukkan bahwa para siswa bisa berprestasi. ²Kita inginkan output yang luar biasa, dan kita tidak berkecil hati. Meski di sini hanya ada satu guru PNS,² katanya.

Ia berharap pemerintah daerah memberikan perhatian, dengan menghibahkan tanah. Serta membangun infrastruktur yang baik bagi MTsN 6 Loteng.

Saat ini, MTsN 6 Loteng juga memiliki Kelompok Bina Prestasi guna membina potensi murid di madrasah. Mereka yang tergabung ini bisa diikutkan dalam beragam olimpiade dan lomba di bidang akademik lainnya.

Hanya saja, MTsN 6 Loteng belum menyiapkan kelas unggulan seperti madrasah negeri lainnya. ²Ke depannya harapannya, hajatan baik kami ini bisa terlaksana. Kita memiliki tenaga berkualitas hingga sarana yang memadai,² pungkasnya. (fiz/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here