Beranda Headline Cek Kesiapan Bandara dan KEK

Cek Kesiapan Bandara dan KEK

BERBAGI
HUMAS PROVINSI FOR RADAR MANDALIKA CEK KESIAPAN: Menko Maritm, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati didampingi Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo, Sekda NTB saat mengecek kondisi di area KEK, kemarin.

 

NTB Siap Sambut Annual Meeting World Bank

MATARAM – Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati didampingi Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo berkunjung ke KEK Mandalika, siang kemarin.

Menkomaritim dan rombongan tiba pukul 12.30 Wita, disambut Sekretaris Daerah Provinsi NTB Rosyadi Sayuti, Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli beserta Forkompinda lingkup Pemerintah Provinsi NTB.

Setibanya di Bandara Mekomaritim didampingi Gubernur BI langsung melakukan peninjauan di sekitar areal Bandara, mulai dari melihat rencana perluasan terminal Bandara dan ruang tunggu exekutif (executive lounge).

Tujuan dari peninjauan Bandara Internasional Lombok adalah untuk melihat secara langsung kesiapan bandara sebagai back up bandara menyambut pelaksanaan annual meeting IMF-World Bank Group, bulan Oktober tahun 2018 di Denpasar Bali.

 

Setelah meninjau bandara, selaku Ketua Panitia Nasional, Luhut menyatakan NTB sudah cukup siap untuk menyambut annual meeting IMF-World Bank Group, NTB dinyatakan sangat layak untuk dikunjungi ribuan delegasi dari berbagai negara yang tergabung dalam IMF World Bank tersebut. Meskipun dari segi infrastruktur sudah relatif baik dan dinyatakan siap.

Untuk itu, dia menginstruksikan kepada jajaran Angkasa Pura II, agar melakukan penataan areal bandara dan perluasan terminal bandara segera dikerjakan, agar mampu menampung pesawat dari delegasi yang akan mengunjungi NTB pada bulan Oktober. “Saya minta semua area bandara ditata,: perintah Luhut.

 

Berikutnya rombongan meninjau Kawasan KEK Mandalika. Kunjungan tersebut dalam rangka melihat secara langsung kesiapan infrastruktur yang ada di kawasan tersebut sebagai bagian kesiapan menyambut Pertemuan Tahunan IMF World Bank Grup di Bali.

Setelah meninjau kawasan tersebut, selaku Ketua Panitia Nasional, Luhut menyatakan NTB sudah siap menyambut annual meeting IFM-World Bank Group, bulan Oktober 2018 mendatang. Secara keseluruhan, lokasi tersebut menurutnya, sudah dianggap layak untuk dikunjungi ribuan delegasi dari berbagai negara yang tergabung dalam IMF World Bank tersebut. Meskipun dari segi infrastruktur sudah relatif baik dan dinyatakan siap. Namun menurutnya, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan segera dibenahi, di antaranya masalah kebersihan kawasan.

“Bulan September nanti, semua sudah rampung,” tegas Luhut.

 

Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani mengungkapkan NTB akan mendapatkan manfaat dari event tahunan tersebut. Untuk diketahui, NTB merupakan salah satu daerah yang akan dikunjungi delegasi dari berbagai negara tersebut, di samping Banyuwangi, Sulsel dan Nusa Tenggara Timur. Untuk NTB terdapat beberapa spot yang menjadi lokasi kunjungan para delegasi. Yaitu, KEK Mandalika, Gili, Senggigi, Dusun Sade dan beberapa kawasan strategis lainnya di NTB. Salah satu manfaat yang akan diperoleh NTB menurut Sri Mulyani, adalah peluang investasi dari berbagai investor dunia

“Kami ingin memastikan kesiapan daerah-daerah sekitar terkait annual meeting IMF World Bank,” ungkapnya.

Usai mengunjungi KEK Mandalika, Menko Maritim, Menteri Keuangan dan Gubernur BI tersebut mengunjungi Dusun Sade Lombok Tengah. Selanjutnya menuju Bandara untuk bertolak ke Banyuwangi. (cr-jho/r1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here